Harga Emas Justru Menguat Ditengah Badai Pandemi, Apa Penyebabnya? -->

Header Menu


Harga Emas Justru Menguat Ditengah Badai Pandemi, Apa Penyebabnya?

January 24, 2021

Harga Emas Justru Menguat Ditengah Badai Pandemi, Apa Penyebabnya? (Indexbursa.com) - Emas dunia menguat di atas level semenjak corona virus menyerang. Barang mewah ini menjadi amat sangat diminati bagi kalangan atas untuk melakukan investasi. Mengutip dari situs Logam mulia, harga pecahan 1 gram emas Antam pada Selasa 29 September 2020 berada di harga Rp. 1.014.000. Harga ini naik Rp. 8.000/gram dari harga sebelumnya Senin, 28 September 2020 senilai Rp. 1.006.000. Adapun harga pembelian kembali atau buyback emas Antam senilai Rp. 904.000/gram.

Corona tentu saja berhasil membuat ekonomi beberapa berada di level mengkhawatirkan. Termasuk Indonesia. Masyarakat Indonesia saat ini sedang berada pada masa mencoba segala kemungkinan untuk mendapatkan penghasilan demi menghidupi keluarga. Tidak sedikit dari mereka yang terpaksa mendapatkan kado pahit yakni, PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) yang tentu saja menjadi pukulan bagi pekerja dan keluarga. Hal ini harus disikapi dengan tenang dan bijak. Karena apabila kita tidak dapat mengatur diri tentu saja akan mengarahkan kita kepada tindakan-tindakan yang anarkis atau tidak baik. Ada juga beberapa pihak swasta atau UMKM yang mempertahankan karyawannya tetapi dengan memotong setengah gaji yang mereka terima tiap bulannya agar dapat menyeimbangkan kebutuhan yang lainnya.

Harga Emas Justru Menguat Ditengah Badai Pandemi

Bagi masyarakat dikalangan menengah ke atas, mengubah arah investasi ke arah yang lebih menjanjikan bisa jadi menjadi peluang yang sedang dipikirkan dengan matang saat ini. Beralih dari investasi properti seperti bangunan dan rumah, kepada investasi emas, tentu saja dapat memperbaiki keadaan ekonomi saat ini. Bagaimana tidak, dengan harga emas yang begitu tinggi dibandingkan dengan harga sebelum pandemi melanda menjadi satu dari banyak alasan kenapa kita harus beralih ke invetasi emas ini.

Adapun beberapa alasan mengapa investasi emas menjadi cocok untuk dikembangkan saat ini.

1. Harga yang cenderung stabil dan meningkat

Apabila diperhatikan, sulit sekali bagi kita menemukan harga emas yang turun. Harga emas cenderung naik dari tahun ke tahun, bahkan dari bulan ke bulan. Hal ini dipengaruhi kurs dollar yang semakin melambung tinggi, membuat idola kaum hawa ini begitu mudah mencapai titik tertingginya.

2. Proses Cepat dan Mudah

Proses pembelian dan penjualan emas terhitung cepat dan mudah apabila dibandingkan dengan penjualan tanah atau bangunan. Apabila ingin menjual tanah dan bangunan, sang penjual harus memastikan kembali sertifikatnya, mengukur kembali apakah sudah sesuai dengan yang tertera di sertifikat atau belum. Belum lagi apabila tanah atau bangunan tersebut memiliki sengketa, hal ini tentu menyulitkan. Ditambah lagi letak tanah dan bangunan yang tidak strategis, atau kondisi bangunan yang sudah tidak layak huni. Menjadi sederet alasan bagi konsumen untuk menimbang ulang apakah ingin membeli atau tidak. Lain hal nya dengan emas, kondisi nya tetap sama (terlebih lagi emas batangan), dan cara penghitungan beratnya pun tetap merujuk pada kondisi tertentu saat itu.

3. Transaksi Aman

Jual beli emas tentu saja sangat aman. Konsumen dapat membeli dan menjual langsung pada toko emas. Emas batangan pun dilengkapi dengan sertifikat dan code yang telah sesuai. Hal ini tentu saja menimbulkan rasa aman saat transaksi jual beli.

4. Mudah dalam penyimpanan

Bagi pencinta emas, mereka tentu saja sudah sangat mengerti bagaimana menyimpan barang yang mereka cintai ini. Mereka dapat menyimpannya di bank, ataupun brankas yang ada di rumah. Tidak memiliki brankas juga tidak mengapa, koleksi anda tetap bisa disimpan dilemari rumah dan tempat-tempat aman lainnya menurut anda.

Demikan uraian artikel ini mengenai harga emas melonjak selama corona, dan alasan mengapa berinvestasi emas lebih mudah dan menyenangkan. Semoga dapat bermanfaat.