Akselarasi Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 -->

Header Menu


Akselarasi Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

December 10, 2020

Akselarasi Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia di Masa Pandemi Covid-19 (Indexbursa.com) - Indonesia dengan kepadatan penduduk mencapai 267 juta yang merupakan pengguna internet aktif tentu saja membuat Indonesia memiliki potensi besar memasuki era ekonomi dan keuangan digital saat ini.


Covid-19 Outbreak mengakibatkan sejumlah daerah memberlakukan PSBB dan Social Distancing dengan cukup ketat. Hal ini juga menjadi titik tolak terjadinya akselerasi ekonomi dan keuangan digital. Keterbatasan gerak, telah mengubah perilaku kehidupan masyarakat untuk lebih banyak melakukan transaksi on-line dalam berbelanja. Tentu saja hal ini mendorong dalam peningkatan akseptasi dan digital payment utilization, bank yang ada di Indonesia pun turut berlomba-lomba dalam memberikan pelayanan paltform yang terbaik untuk konsumennya.

Akselarasi Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia di Masa Pandemi Covid-19

Seperti halnya PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia) menyelenggarakan lomba menulis untuk jurnalis (Journalists Writing Competition 2020). Dengan tema yang sudah ditetapkan, yaitu “Indonesia di Era Ekonomi Keuangan dan Digital dengan Mobile Banking M2U, sebagai salah satu platform Digital Payment. Melalui lomba ini, diharapkan rekan media lebih dapat memberikan pendapat atau perspektif mengenai perkembangan Digital Banking di negara yang kita cintai ini. Termasuklah perkembangan yang terjadi pada Maybank Indonesia. Aplikasi M2U yang ditawarkan oleh Maybank Indonesia, tidak hanya sebatas platform keuangan yang terbatas pada melakukan transaksi, lebih dari itu, keunggulan platform ini dapat menjadi portofolio keuangan yang menjadi solusi pembayaran yang dapat dilakukan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Penggunaan platform ini sesuai dengan kebiasaan menabung dan berinvestasi serta mendukung lifestyle pada masa ini.

Humanising Financial Servise - begitulah significance dari peluncuran dan inovasi yang berkelanjuran dari M2U ini. Hal ini menghadirkan solusi yang dapat menjawab kebutuhan finansial konsumen disegala usia dan dengan background pendidikan atau latar belakang pekerjaan yang berbeda. Keterbatasan yang “diciptakan” oleh Covid-19 membuat manusia memutar otak untuk tetap dapat memenuhi kebutahan hidup tanpa harus bersinggungan dengan orang lain, atau tanpa keluar rumah. Begitu juga dengan pekerjaan, tidak sedikit orang yang harus kehilangan pekerjaan dikarenakan penerapan PSBB dan social distancing. Jobless atau menganggur bukanlah pilihan yang harus diterima begitu saja, tetapi harus diperangi.

Banyak cara untuk dapat bangkit dari cobaan ini. Salah satunya dengan membuat pola baru pada pekerjaan kita. Memilih bekerja, misalnya berjualan secara online merupakan satu diantara banyak cara yang relevan yang dapat dilakukan saat ini. Penjual dan pembeli dapat berinteraksi secara intens tanpa harus menyediakan banyak waktu untuk tatap muka. Pembayaran pun akan jauh lebih mudah dengan hadirnya payment mode yang didukung oleh platform yang disediakan oleh banyak bank. Transaksi keuangan seperti transfer, virtual billing dan lain sebagainya dapat dilakukan hanya dalam genggaman tangan.

Tentu saja Indonesia membutuhkan waktu untuk berbenah. Dan tidak ada salahnya, kalau kita turut ikut menjadi bagian dari proses berbenah tersebut. Dengan cara tetap bangkit dan optimis dalam menghadapi cobaan ini. Bangunlah mitra, bersosialisasilah dengan cara yang baik dan tepat pada pandemi ini demi kesehatan anda, apabila anda sehat, keuangan pun akan segera pulih. Bangkitlah Indonesiaku, kita bisa apabila kita patuh. Akselerasi Ekonomi dan Keuangan Digital sedang bangkit dan berkembang saat ini. Jangan sampai ketinggalan. (Referensi: Wikipedia.id)